Jumat, 04 Februari 2011

Dzikir Pelabur 2500 Dosa

Rosulullah bersabda kepada para sahabatnya, yang artinya :

"Ada dua hal yang apabila dihafal atau dijaga oleh seorang hamba maka ia akan masuk surga. Dua hal yang mudah, namun sangat sedikit orang yang mengerjakannya, yaitu setiap selesai sholat ia bertasbih (mengucapkan Subhanalloh) 10 kali, bertahmid (Alhamdulillah) 10 kali, dan bertakbir (Allahu Akbar) 10 kali. Yang demikian itu nilainya adalah 150 di lisan dan 1500 di mizan (timbangan catatan amal). Dan jika beranjak ke tempat tidurnya ia bertasbih 33 kali, bertahmid 33 kali dan bertakbir 34 kali. Yang demikian itu nilainya adalah 100 di lisan dan 1000 di mizan."

Lalu Rosulullah berkata : "Siapakah di antara kalian yang beramal dalam sehari semalam 2500 kejelekan?"

Berkata Abdulloh: "Saya melihat Rosululloh menghitung dengan tangannya."

Lalu para sahabat bertanya : "Wahai Rosululloh, kenapa mereka tidak menjaganya (padahal mudah) ?"

Nabi berkata: "Setan mendatangi salah seorang diantara kalian yang sedang sholat, lalu dia berkata: 'ingatlah ini dan itu (dan jangan berdzikir)'... lalu setan mendatanginya ketika ia hendak tidur dan membuatnya tertidur" (HR. Abu Dawud 5065 dan Tirmidzi 3410, Shohih Abi Dawud 1346)

Begitulah Islam, agama yg luar biasa indah dan sempurna untuk umatnya, membuka seluas-luasnya cara bertaubat bagi umatnya. Tidak hanya dengan sholat, bahkan sebelim tidur umatnya mendapat kesempatan untuk melebur dosa-dosa yang telah ia perbuat diwaktu yang lalu. Kemudian faedah apa yang dapat kita ambil bersama dalam mentadaburi Hadist dari Rosulullah -shalallahu 'alaihi wasallam- diatas :

1. Bahwasanya, dalam islam banyak sekali pilihan pintu-pintu kebaikan bagi hamba-Nya menuju ke surga.
2. Terkadang amalan ringan sering dilupakan, padahal amalan tersebut tidak diragukan lagi dapat membawa manusia menuju kebahagiaan akhirat yang hakiki
3. Diantara dua amalan ringan tersebut, yang jika seorang hamba melakukan dua amalan ringan tersebut, niscaya akan dihapus 2500 dosa darinya, yaitu :

* Ucapan tasbih, tahmid dan takbir yang masing-masing sebanyak 10 kali setiap selesai sholat

* Ucapan tasbih, tahmid sebanyak 33 kali dan takbir sebanyak 34 kali setiap sebelum tidur

Demikianlah diantara kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh Allah melalui Hadist Rosululllah, agar setiap hamba-Nya senantiasa bertaubat atas kesalahannya dan kembali dalam keadaan bersih sehingga mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Wallahu 'alam.

(Disadur dari Tulisan Abu baar al-Atsari pada majalah Al Mawaddah edisi 7 tahun ke-2 hal.21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar